Laman

Rabu, 11 Juli 2012

Paket internet prabayar IM2

Sebelum ini sudah kita obrolkan paket data prabayar dari three; kali ini giliran paket broom unlimited dari indosat.

Indosat termasuk perintis dalam hal paket internet wireless melalui jaringan 3G. Sudah ada beberapa perubahan yang saya alami sejak mulai bergabung dengan paket IM2 unlimited.

Kestabilan koneksi misalnya. Dulu terkadang bermasalah, sambungan putus-putus. Tapi sekarang umumnya selalu lancar. Kecepatannya pun ok. Rekor yang pernah saya alami adalah 800-an KB/s. Sangat lumayan untuk sambungan tanpa kabel.

Kemudian cara isi ulang. Dulu "dipaksa" pakai kartu voucher, atau transfer ke rekening Bank Permata. Sekarang sudah bisa lewat ATM. Lebih praktis untuk konsumen.

Yang juga berkembang adalah filter atas situs-situs tertentu. Ini cocok bila anda adalah orang tua yang tidak ingin anak-anaknya bisa melihat apa saja di internet.

Kisaran harga tetap bertahan: bukan yang paling murah, tapi tidak termahal. Saya pernah baca ada rencana kenaikan tarif, tapi tampaknya diurungkan. Mungkin karena pesaing makin banyak dan kenaikan tarif bisa membuat pelanggan membelot.

Karakter lainnya juga tetap. Misalnya IP address yang tampaknya tidak sharing. Bagus buat anda yang suka download gratisan dari situs-situs filesharing.

Penggunaannya juga tetap: dibatasi untuk modem. Paket kita tidak bisa dipindahkan ke handphone atau tablet. Sistem langganannya pun masih ketat, dipatok bulanan. Kita harus rutin isi ulang agar paket tetap aktif dan tidak hangus.

Satu lagi fasilitas di IM2: Sebagai member IM2 kita bisa login ke situs Indosat untuk mengecek beberapa hal mengenai account kita, misalnya sisa pulsa, catatan pemakaian, riwayat isi ulang dsb. Catatan pemakaian adalah salah satu informasi yang berharga; dia memuat tanggal, jam, dan menit kita connect ke IM2, dan berapa KB kita pakai untuk koneksi itu.

Di beberapa bulan terakhir saya melihat ada jumlah pemakaian yang selalu berulang, yaitu sebesar 32.484,38 KB. Saya khawatir ada virus yang selalu mengirim data sejumlah ini entah ke mana. Tetapi kecurigaan saya ke virus sedikit-sedikit mulai berkurang. Pertama, saya coba pasang anti virus yang lumayan handal. Malah kemudian saya ganti sistem operasi, alias pasang IM2 di komputer "baru dan bersih". Tetapi jumlah pengiriman sebesar itu terus tercatat. Kemudian, menurut catatan, penggunaan data sebesar 32MB (!) itu terjadi dalam waktu yang sangat singkat, terkadang hanya 2 detik! Ini rasanya mustahil, karena kecepatan 3G atau 3,5G tidak sampai seperti itu. Lama-lama saya pikir, ini mungkin karena ada kesalahan perhitungan di IM2.

Tentu saya laporkan ini ke IM2, karena pencatatan seperti ini merugikan pelanggan. Anda tidak connect, tapi kuota anda dianggap sudah terpakai. Sayangnya, tidak ada response dari IM2 hingga saat saya menulis ini.

Kesimpulan: paket internet unlimited prabayar dari IM2 (Indosat) bisa cocok untuk anda yang perlu akses internet melalui modem, di wilayah dengan signal 3G dari Indosat, tidak bermasalah dengan tarif wajib bulanan, dengan filter atas website tertentu. Jika anda sudah menggunakan paket ini, periksalah catatan penggunaan, dan telitilah kalau ada angka aneh yang selalu berulang (seperti 32.484,38 KB di kasus saya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar