Laman

Kamis, 06 September 2012

Masalah Gmail Android: Your email will appear shortly

Beberapa hari lalu Gmail di Android saya mogok kerja. Dia hanya menampilkan display "Waiting for sync" dan "Your email will appear shortly". Shortly di sini ternyata berarti berjam-jam tak selesai-selesai. Terpaksa saya harus browsing untuk mencari solusi atas masalah ini.

Ternyata pengalaman seperti ini banyak dibahas di web. Rupanya tidak sedikit orang yang mengalami musibah seperti ini. Solusi yang ditawarkan macam-macam:
- mendelete cache Gmail
- meng-uninstall update Gmail
- meng-off-kan proses sync, kemudian meng-on-kan kembali
- melakukan factory reset.

Tiga pilihan pertama sudah saya coba. Hasilnya nihil.
Pilihan yang keempat datang dari situs resmi Google. Tapi saya ragu, soalnya itu berarti menghapus semua data yang sudah disimpan: setting ini itu, apps ini itu, dsb. Tapi karena Gmail sudah jadi bagian penting di Android saya, terpaksa saya sedikit-sedikit membackup data, agar setelah factory reset, saya bisa masukin lagi si data yang sudah disimpan itu.

Ketika membackup data, tiba-tiba kepikir: kenapa nggak coba cara Blackberry, alias "buka casing, ambil batre dan SIM card, pasang lagi, nyalain". Saya suka ngetawain cara ini, tapi pikir-pikir boleh juga dicoba, daripada factory reset.

Hasilnya: manjur!
Kesimpulan 1: kalau anda punya masalah yang sama, silakan matikan handphone, keluarkan batre dan SIM card, tunggu beberapa detik, pasang lagi, dan nyalakan.
Kesimpulan 2: nggak usah ketawain lagi Blackberry ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar