Minggu, 08 Juli 2012

Cara men-jailbreak new iPad (iPad 3)

Di penghujung bulan Juni 2012 akhirnya "new iPad" (atau iPad 3) resmi masuk ke Indonesia. Bagi anda yang ingin men-jailbreak iPad 3-nya, berikut pengalaman saya, yang mudah-mudahan bisa berguna. Kalau anda sudah paham apa itu jailbreak, dan apa plus-minus-nya, silakan langsung lompat ke bagian bawah. Bagi yang belum, boleh membaca penjelasan singkat di bawah ini.

Gadget dari Apple, seperti iPod, iPhone, dan iPad suka disebut sebagai "jailed" alias dipenjara. Ini karena Apple lumayan ketat dalam hal apa yang bisa dilakukan oleh user dengan gadget mereka.

Sebagai bandingan, mari kita lihat contoh misalnya gadget berbasis android. Mereka umumnya memiliki slot untuk memory card, sehingga file transfer bisa dilakukan melalui card ini. Gadget Apple tidak memiliki slot seperti ini. Kemudian, gadget android, jika disambungkan ke computer, akan terdeteksi sebagai drive, sehingga file transfer bisa dilakukan seperti dengan drive biasa. Di gadget Apple tidak semudah itu: kita harus menginstal iTunes di komputer. iTunes, juga membatasi file jenis apa saja yang bisa ditransfer, misalnya hanya gambar, lagu, atau video.

Setelah itu masalah aplikasi. Apple membatasi instalasi aplikasi hanya melalui "App Store". Dan tidak semua jenis aplikasi diizinkan oleh Apple untuk muncul di sana. Berbeda dengan android, yang tidak tergantung hanya pada "Google Play Store": kita bisa menginstal dari komputer, dari memory card, dll. tanpa diawasi. Tentunya metode yang dijalankan Apple dan Google ini memiliki plus-minus-nya masing-masing.

Sebagian pemakai Apple tidak puas dengan situasi seperti ini. Mereka men-develope tools yang bisa membebaskan mereka dari kukungan ini. Maka muncullah istilah "jailbreak", alias kabur dari penjara. Apple tentunya tidak suka dengan ini, karena itu didengungkanlah ancaman hilangnya garansi jika gadget di-jailbreak. Beberapa orang menerima resiko ini, dan membiarkan gadgetnya jailbroken.

Di Indonesia ada toko tertentu yang membantu melakukan jailbreak. Saya dengar tarifnya hingga 200 ribu rupiah. Kita juga bisa melakukannya sendiri dengan cepat dan mudah. Ini langkah-langkah yang saya lakukan dengan iPad 3 (menggunakan PC dengan Windows 7).

Persiapan:
1. Instal iTunes ke komputer anda
Ini sebenarnya prosedur resmi dari Apple agar gadget anda bisa tersambung ke komputer. iTunes bisa didownload dari http://www.itunes.com.
2. Backup isi gadget anda ke komputer.
Caranya: Sambungkan gadget anda ke komputer, buka iTunes, tunggu hingga prosedur standard iTunes selesai (synch ... dsb.), klik kanan nama gadget anda yang muncul di iTunes (di list sebelah kiri), kemudian pilih "Back Up" di menu yang muncul. Ini perlu agar data anda tidak hilang. Setelah itu tutup iTunes.
3. Download tool untuk jailbreak.
Saya menggunakan "Greenpois0n Absinthe 2.0" yang bisa didownload lewat http://greenpois0n.com/. Unzip filenya, lakukan instalasinya.
SANGAT PENTING: Pastikan bahwa versi sistem operasi gadget anda didukung oleh tool ini. Tip Settings di gadget untuk melihat versi iOs anda. Salah versi, salah tool, ... salah sendiri ;-(

Proses jailbreak
1. Di gadget anda, lakukan langkah mereset data dengan mentip app Settings, kemudian pilih menu General - Reset - Erase All Content and Settings.
2. Dengan gadget masih tercolok di komputer, jalankan Absinthe di PC.
3. Begitu di komputer anda muncul tombol "Jailbreak", klik ini.
4. Tunggu beberapa saat hingga proses jailbreak selesai (hanya sebentar kok ...).
5. Selesai. Itu saja. Tutup Absinthe.

Langkah sesudahnya
1. Buka kembali iTunes ...
2. Seperti di langkah nomer 2 di persiapan, klik kanan nama gadget anda, kali ini pilih menu "Restore from back Up ..." yang akan mengembalikan data serta setting-an yang tadi direset. Beres sudah.

Catatan
Teorinya, proses back-up dan restore mengembalikan juga apps yang sudah terpasang. Di pengalaman saya, hanya apps standard Apple yang kembali. Apps yang didownload melalui App Store ternyata hilang. Untuk itu saya usulkan agar di langkah persiapan anda memback-up apps ini dengan free tool seperti iFunbox yang bisa didapat di http://i-funbox.com. iFunbox memiliki menu untuk mengcopy apps dari gadget ke PC, dan menginstall balik apps yang sudah disimpan di PC. Proses install apps tanpa lewat App Store seperti ini mungkin memerlukan tool lain yang bernama Syncapp agar berhasil. Bagaimana cara memasang Syncapp? Ada petunjuknya di http://blog.i-funbox.com/?p=303. Screen shoot-nya tetapi berasal dari iPhone; jadi pengguna iPad harus menerjemahkannya ke tampilan di tablet ini.

Demikian pengalaman saya. Kalau anda mau coba, silakan, tapi resiko sendiri ya. Tidak ada jaminan bisa cepat, lancar, dan berhasil seperti saya gambarkan. Disclaimer nih ...

PS: Lantas apa sesudah gadget kita jailbroken? Proses jailbreak di atas menambahkan app bernama Cydia ke iPad saya. Coba saja buka app ini, dan explore ada apa saja di sana.

22 komentar:

  1. Bang Jajang,
    Ane barusan dapet hadiah iPad3. Rasanya gak puas kalo udah biasa pegang Windows trus pegang Apple. Mo tanya soal 'JAILBREAK', jadi setelah Cydia terinstall di iPad kita cuma bisa install app yg ada di Cydia? Gak bisa install app yg kita inginkan sendiri spt Win Office, gitu? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesudah proses jailbreak, apps tentunya masih bisa diinstal lewat App Store. Cydia menyediakan pasar alternatif, untuk apps yang tidak ada di App Store. Cydia juga memungkinkan kita menginstal apps lewat "Installous".
      Sedikit bahasan tentang apps di Cydia, dan bagaimana memasang "Installous" bisa ditemukan di
      http://www.geeknaut.com/best-cydia-apps-2011-201913.html
      Kalau anda punya apps dari CD, DVD, atau ada di PC, silakan gunakan iFunbox yang sudah dibahas di atas.
      Aplikasi office untuk iOS: ada Pages (nulis), Numbers (tabel), dan Keynote (presentasi). Ada kabar bahwa Microsoft akan keluarkan MS Office untuk Android dan iOS. Tapi ini tampaknya masih rumor.

      Hapus
  2. Bang jajang,apakah proses yang bang jajang jabarkan di atas berlaku untukl new ipad 3 dengan ios 6.0.1 ?

    BalasHapus
  3. Sampai tanggal 20 November 2012 ini Greenpois0n belum merilis Absinthe untuk iOs 6.x.x. Saya pikir, coba tunggu saja, dan selalu check di situs aslinya http://greenpois0n.com/

    Alasannya: Absinthe ini simple banget, nggak ribet; terus hasilnya mantap.

    Warning: Ada beberapa situs yang ngaku2 Greenpois0n/Absinthe dan menawarkan jailbreak untuk iOs 6.x.x. Hati2 karena tampaknya mereka malicious. Daftar situs seperti ini ada di:
    http://www.ibtimes.com/ios-6-ios-601-untethered-jailbreak-iphone-5-update-genuine-progress-being-made-scams-do-rounds

    Kalau kebelet, bisa coba "Sn0wbreeze". Petunjuknya ada di http://www.redmondpie.com/jailbreak-6.0.1-ios-on-iphone-and-ipod-touch-using-sn0wbreeze-2.9.7-tutorial/
    Tapi ini masih "tethered" alias tidak permanen, dan memang prosedurnya lebih ribet daripada di Absinthe.

    BalasHapus
  4. Agan agan saya mau nanya,,, awalny saya remove installous krn beberapa applikasi di installous error,,, trus saya add source untuk dapetin installous hackulo.us ,,,, tpi pas saya add source ,,, kok ada verification error,,,,
    Saya coba search hackulo n installous juga g ada,,, mhon pencerahannya?.. Lwt email aja jg bs ari_wahyu_j@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. UPDATE tanggal 31 Desember 2012: installous, appsync, dan hackulo.us sudah tutup server, dan tidak bisa lagi diakses. Silakan check ke situs mereka http://hackulo.us

    BalasHapus
  6. Thanks buat agan2... Ada alternatif lain selain hackulo?.... Mhon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternatif selain hackulo.us? Ya AppStore he he ... :-)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. bang klo aplikasi facebook di ipad kan log outnya ada di pojok berikut juga dengan group facebokk dll...

    nah,,klo semua menu itu hilang tiba2 itu gmna ya???tolong jawabannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya nggak hilang he he ... Coba deh gini: di sebelah kiri atas ada icon dengan 3 garis putih mendatar. Tap seperti biasa, nanti muncul menu. Di bagian bawah menu ada pilihan "Log Out". Di app versi lain, kita harus ke pilihan "Settings" dan dari situ baru muncul "Log Out".

      Kalau nggak nemu juga, ya buka facebook-nya di Safari aja.

      Hapus
  9. Hallo bang jajang!
    Saya sdh baca postingannya juga koment2nya.jadi intinya utk ipad iOs 6.2.1 seperti punya saya tidak bisa di jaailbrake...???klo bisa bgmn caranya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk iOS 6.0.x sampai 6.1.2 dikabarkan sudah ada tool-nya bernama evasi0n 1.4 yang bisa diunduh dari:

      http://evasi0njailbreak.org/evasi0n-jailbreak-v1-4-for-ios-6-1-2-untethered-on-iphone-54s4-ipad-mini-ipad-432-ipod-touch-4g5g/

      Tutorialnya bisa dilihat di:

      http://evasi0njailbreak.org/iphone-5-and-others-untethered-jailbreak-on-ios-6-16-0-16-using-evasi0n-how-to-tutorial/

      Kalau untuk 6.2.1 tampaknya masih harus nunggu. Kalau nggak sabar ya downgrade saja ke 6.1.2.

      Hapus
  10. Mas mau nanya nih, teman saya kan jailbreak ipad3 ketika ios5, kemudian dy ngeupdate ke ios6 langsung dr iPadnya. Tapi malah muncul di layar gambar iPad harus konek ke iTunes. Dengan kondisi seperti ini, bagaimana menghapus jailbreak dan kemudian update ke ios6? Mohon info ya mas, tx before
    Nb : iPad kondisi ya tdk bisa difungsikan utk saat ini.

    BalasHapus
  11. Saya coba balas komentar Sdr Febriwando di sini. Kalau tidak salah tangkap, ada 2 hal di situ: cara un-jailbreak, dan cara menghadapi iPad yang hang alias tidak responsive.

    Saya sendiri tidak pernah mengalami ini, jadi tulisan di bawah ini tidak pernah saya coba.

    Untuk iPad yang hang: solusi yang saya dengar sih dengan cara menekan tombol Menu dan tombol On-Off bersamaan selama sekitar 30 detik.

    Kalau tidak berhasil, disebutkan untuk menyalakan iTunes di komputer, mencolokkan iPad lewat USB port, dan menekan kedua tombol di atas selama sekitar 30 detik. Setelah itu pilih menu Restore di iTunes.

    Tentang un-jailbreak: ini agak panjang. Saya co-pas URL-nya saja ya. Silakan lihat sendiri di sini:
    http://absinthejailbreak.com/how-to-remove-cydia-jailbreak/

    BalasHapus
  12. bang jajang saya mau tanya
    apa kalau melakukan proses jailbreak data harus di back up terlebih dahulu???kalau tidak melakukan back up apa semuaa data akan hilang??
    ipad saya versi 6.0.1
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sebaiknya melakukan backup dulu. Di pengalaman saya: data photo tidak hilang, tapi apps baru (bukan apps bawaan) yang sudah diinstal menjadi hilang.

      Hapus
  13. Thank you very muchh bang jajang yang ganteng this is usefull

    BalasHapus