Laman

Kamis, 05 Juli 2012

Paket data/internet prabayar dari 3 (three)


Akses data/internet perlahan-lahan makin menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Tak heran makin banyak tawaran akses data/internet di pasaran. Berikut ini pengalaman saya menggunakan paket prabayar dari provider 3 (three). Mudah-mudahan bisa menjadi bahan masukan bagi anda yang sedang mencari paket internet.


Kita mulai. Paket 3 memiliki beberapa daya tarik. Pertama harganya. Dia termasuk yang termurah dibanding saingannya dari provider GSM lain. Kedua, fleksibilitasnya. Kartu 3 bisa digunakan di berbagai macam gadget: handphone, iphone, modem, ataupun tablet seperti ipad. Dia malah bisa dipindahkan dari satu gadget ke yang lain, misalnya dari modem ke handphone, atau sebaliknya. Jika kita pakai kartu 3 di handphone, kita bisa menggunakannya juga untuk menelpon dan mengirim sms. Tentunya selama pulsanya masih cukup.

Fleksibilitas lainnya adalah masa berlakunya. Kita bisa stop paket ini, alias berhenti, kemudian mulai lagi di beberapa bulan kemudian. Dan biarpun kartu 3 tidak diisi pulsa selama beberapa waktu, nomernya tidak hangus.

Cara memperoleh paket 3 cukup gampang: tinggal beli nomer perdana biasa, tidak perlu yang khusus. Registrasi nomer pun seperti biasa, cukup kirim nama, alamat, dan nomer ID lewat sms. Setelah itu tinggal ketik MAU DATA xxx sesuai dengan paket yang dipilih. Detailnya ada di bungkus kartu perdana. Atau ketik *111*1#, kirim, dan tinggal ikuti petunjuk yang datang.

Isi ulang pun lumayan gampang. Bisa pakai voucher normal, elektronik, atau lewat ATM. Sama seperti isi ulang nomer hp biasa.

Kecepatan? Tentu jangan terpengaruh oleh iklan yang menyebut sekian Mb/s. Kecepatan real-nya akan tergantung apakah ada signal 3G atau 2G, signalnya penuh atau hanya satu strip, dan apakah lalu lintas datanya sedang rame. Jika tidak ada signal 3G (HSDPA, WCDMA) jangan terlalu berharap dapat kecepatan tinggi.

Stabilitas data? Di pengalaman saya sih lumayan ok ketika dipakai di modem. Pernah download beberapa file sebesar 100 MB-an; sukses tanpa putus.

Hanya, jika anda suka download gratisan dari situs-situs file sharing, jangan heran jika kadang muncul penolakan dengan alasan IP address kita sedang download. Ini muncul karena tampaknya beberapa pemakai 3 harus share satu address rame-rame. Jika sedang ada yang pakai, anda harus nunggu. Sampai kapan? Sampai dia selesai. Kapan selesainya? Nah, mana kita tahu.

Penting untuk diingat agar selalu isi ulang sebelum masanya habis. Kalau sisa pulsa kita cukup, paket 3 akan lanjut. Kalau tidak cukup, katanya akan otomatis pindah ke paket dengan kuota lebih rendah. Tapi di pengalaman saya, dia tidak downgrade, malah langsung putus. Dianggap berhenti langganan.

Malah saya pernah mengalami ini. Saya lupa isi ulang, beberapa hari kemudian baru saya lakukan. Saya sangka paket saya jalan lagi atau diteruskan, jadi browsing seperti biasa. Setelah beberapa menit, sambungannya mati, tidak mau dihidupkan lagi. Cek pulsa: nol! Hah?

Rupanya ini yang terjadi. Ketika saya lupa isi ulang, paket otomatis berhenti. Mengisi ulang beberapa hari kemudian tidak dianggap menghidupkan kembali. Jadi setelah itu, saya rupanya browsing dengan menggunakan tarif GPRS. Jelas mahal. Pantesan pulsa saya langsung habis.

Bagaimana jika kuota habis? Kita masih bisa pakai paketnya, tapi kecepatannya luar biasa lelet. Bisa lebih lambat daripada telkom instan ... masih ingat?

Demikian pengalaman saya menggunakan paket data 3 prabayar. Banyak hal yang menarik dari paket ini: mudah, murah, fleksibel, dsb. Layak untuk dipertimbangkan. Tapi jika anda tinggal di wilayah tanpa signal 3G dari three, atau suka download gratisan di situs filesharing, mungkin ada baiknya anda memikirkan plus-minusnya.

Catatan: Tentunya informasi di atas berdasarkan pada pengalaman hingga saat saya menulis blog ini. Jika kemudian ada perubahan di paket 3, ya mohon maklum jika tidak ter-capture oleh tulisan ini.


UPDATE tanggal 18 Agustus 2012
Baru kemarin ini saya tahu bahwa three tampaknya tidak lagi memberikan paket unlimited. Dulu, kalau kuota habis terpakai, akses data masih jalan, tetapi dengan kecepatan lemot. Sekarang tampaknya berubah: jika kuota habis, akses data tutup total hingga kita isi ulang lagi.

UPDATE tanggal 24 Agustus 2012
Untuk mengecek sisa kuota yang belum terpakai, dan juga masa aktif kartu, masuk saja ke http://internet.tri.co.id
Laman ini akan mendeteksi nomer three yang kita pakai untuk browsing, mengecek database dia, dan menampilkan berapa sisa kuota kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar