Laman

Senin, 08 April 2013

Samsung Android: Ongoing download yang tak kunjung berhenti

Beberapa hari lalu saya buka Gmail di gadget Samsung Android, dan download attachment-nya. Tampaknya ada masalah, jadi proses download gagal. Saya coba lagi, tapi kali ini yang terjadi kebalikannya: proses download tidak kunjung selesai. Notifikasinya mirip seperti gambar yang di bawah ini:


Ada tulisan Ongoing, kemudian si download bar (yang mirip tali 2 warna) berputar terus tanpa henti.

Saya coba tap proses ini, tapi tak ada reaksi. Saya coba restart si gadget, eh si "ongoing" ini tetap ada. Saya matikan si gadget, dan hidupkan lagi ... eh bandel tuh si notifikasi, nggak mau pergi juga.

Tampaknya ada semacam kesalahan di Android yang jalan di gadget Samsung. Kemungkinan besar proses download-nya sudah tidak ada, tapi si system masih meregistrasi adanya proses yang jalan. Yah, bug lah.

Setelah coba tengok kanan kiri di internet, tampaknya kasus ini khas Samsung; dan solusinya begini.:
1. Masuk ke Settings.
2. Terus masuk ke Application manager.
3. Cari Gmail, tap dia, dan tap lagi Force stop.


4. Kembali ke Application manager, cari Downloads (di sebagian gadget namanya Download Manager), dan tap Clear data.


Di kasus saya (Galaxy Tab 2 7.0), cari ini berhasil mengenyahkan si ongoing download. Mudah-mudahan juga bisa sukses di tempat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar