Laman

Selasa, 24 Juli 2012

Memasang harddisk SATA di mainboard IDE

Anda masih punya PC dengan maiboard IDE? Pasti dapat kesulitan kalau mau ganti atau nambah harddisk, soalnya harga harddisk IDE luar biasa mahal. Harddisk SATA lebih murah, dengan teknologi lebih canggih, dan mungkin kapasitas lebih besar.

Alternatifnya: upgrade mainboard, atau cari harddisk bekas. Pilihan kedua tidak begitu recommended: biarpun dilabeli "refurbished" atau semacamnya, harddisk seperti ini umurnya tidak panjang. Paling nggak itu di pengalaman saya.

Masih ada alternatif yang murah: pasang converter IDE-SATA. Bendanya seperti di gambar di atas. Harganya seharusnya di bawah 50 ribu perak. Bendanya cukup kecil, hanya memiliki 3 colokan: satu  sambungan IDE (bagian bawah), satu sambungan SATA (atas), satu untuk power (atas). Yang kertas bunder itu hanya bagian dari bungkus saja.

Kata si penjual sih, barang ini bisa dipakai bolak-balik, alias juga pasang harddisk IDE di mainboard SATA. Tapi ini tidak saya cek. Kalau yang sebaliknya sih berjalan lancar di PC tua saya.

2 komentar:

  1. kalau mainboard keluaran skrg masih ada slot colokan harddisk IDE tidak ya?

    harddisk IDE sptnya sudah mulai ditinggalkan skrg secara bentuknya lbh berat dan tebal, dan kopi datanya tidak secepat harddisk SATA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, IDE sudah uzur, jarang diproduksi, dan tidak disupport lagi oleh mainboard2 terbaru. Karena itu harga harddisk IDE jadi mahal. Barang langka lah.

      Mungkin tidak lama lagi orang nggak bakal perlu converter IDE-SATA, karena semua sudah beralih ke SATA.

      Hapus